mau BISNIS online gratis

Tuesday, April 13, 2010

MOBIL ANAK BANGSA...

GambarDari sekian banyak mobil nasional yang muncul di jagad otomotif nasional, hanya beberapa merek saja yang bisa eksis bertahan.

Salah satunya mobil nasional garapan PT Super Gasindo Jaya, Tawon. Penasaran kan untuk mengetahui bagaimana rasanya mengendarai si Tawon ini?

Dari tampilan luarnya, untuk saat ini mungkin masih banyak orang yang mengejek dan meremehkan mobil karya anak bangsa ini. Desainnya masih tergolong biasa saja, bahkan terkesan ketinggalan jaman. Tapi, namanya juga permulaan, daripada tidak membuat sama sekali.

Spesifikasi Tawon


Mesin   4 Stroke 3 silinder Dual Fuel
Volume ruang bakar 650 cc
Bahan Bakar Bensin dan Gas
Transmisi  Manual 4 Speed
Kapasitas penumpang 4 orang
Harga jual   Rp 48 juta
                   
Masuk ke dalam kabin, desain maupun material dashboard mungkin tidak berbeda dengan city car lain yang beredar dipasar otomotif tanah air, yang membedakan
barangkali fitur-fiturnya saja. Meskipun belum ada AC, tapi sudah dilengkapi dengan head unit. Lumayan lah.


Jujur saja, detikOto sempat tidak percaya kalau mobil ini bisa dijalankan. Namun, ketika memutar kunci kontak, mesin menyala dengan normal seperti mobil-mobil pada umumnya. Desingan mesin 650 cc nya juga tidak jauh berbeda dengan raungan mesin-mesin yang kapasitasnya lebih besar.

Sekarang giliran menginjak kopling hidrauliknya, sehingga ringan ketika diinjak. Tuas transmisi dimasukkan pada gigi satu, dan injak gas. Anda tidak akan percaya, Tawon bisa melesat ringan!

Akselarasinya spontan dan ringan, sehingga bila diajak berseliweran di tengah padatnya lalu lintas Jakarta, sepertinya Tawon bisa memberikan solusi yang jitu ketika harus selalu stop and go.

Begitu juga dengan handlingnya. Karena dimensinya yang kecil, membuat mobil ini lincah meliuk-liuk, padahal, lokasi tes jalannya hanya di halaman parkir kantor Kementerian Perindustrian. Namun, Tawon tidak kesulitan melewati jajaran mobil parkir sekalipun.

detikOto menyukai akselarasinya yang spontan dan ringan, juga handlingnya yang lincah. Akan tetapi, pengembangan lebih lanjut, PT Super Gasindo Jaya harus
memikirkan cara untuk mengaplikasikan power steering dan AC pada mobil imut ini.

Bukan apa-apa, stir berat dan ruang kabin yang panas tentunya bisa mengurangi kenyamanan pengemudi dan penumpangnya, ditengah lalu lintas Jakarta yang padat
dan udaranya yang panas.

Sehingga, meski judulnya mobil nasional yang murah, produsennya tetap harus memperhatikan kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

http://oto.detik.com/read/2010/04/14/075112/1337778/648/mobnas-perkotaan-yang-lincah

1 comment:

pay to click